Advertise

DIGITAL MARKETING

Seperti yang kita ketahui jika generasi kini merupakan waktu yang tepat untuk meningkatkan metode pemasaran digital. Terlebih generasi masa kini memiliki karakteristik khusus seperti gemar mengikuti tren, sadar teknologi, dan cenderung berpikiran lebih luas serta haus akan informasi.
Jika Anda berminat untuk mempromosikan bisnis kepada generasi kini, Anda perlu memahami karakteristik para generasi sehingga dapat menyesuaikan jenis pemasaran. Seperti kita ketahui jika generasi kini jumlahnya semakin membesar sehingga mereka memiliki pengaruh besar terhadap tren pemasaran.
Anda sebagai para pengusaha juga harus sadar akan pengaruh terhadap merancang strategi pemasaran modern. Maka dari itu, digital marketing merupakan kunci pemasaran untuk generasi kini.
Ya para generasi kini cenderung tidak terpisahkan dari teknologi seperti ponsel, tablet, laptop dan komputer, sehingga bentuk pemasaran harus menghitungkan hal ini. Ada tiga kunci strategi pemasaran yang dapat Anda ikuti :
1. Strategi Pemasaran Lewat Jejaring Sosial
Jejaring sosial kini bukan hanya sebagai sarana interaksi dengan orang lain, namun sebagai informasi, berita dan hal lain yang menciptakan tren terbaru. Banyak orang yang kini mencari berbagai produk atau jasa lewat jejaring sosial ini.
Seperti yang kita ketahui, setelah Facebook dan Twitter, kini jejaring sosial sudah luas mencakup Instagram, Pinterest, Vine, Path, YouTube dan sebagainya. Mereka juga jarang menonton TV atau membaca koran karena disibukkan dengan aktivitas mereka di situs jejaring sosial.
Anak muda jaman kini juga lebih perhatian kepada mereka yang memiliki pengaruh sosial, srperti penulis, aktor, pendiri organisasi, hingga komedian muda. Pemasaran moder kini harus dimanfaatkan sebaik mungkin dan manfaatkan tren sosial untuk memasarkan produk Anda.
2. Ciptakan Iklan Yang Menarik, Bukan Memaksa
Generasi kini enggan menanggapi iklan dengan bahasa konvensional yang cenderung menyuruh hingga memaksa untuk membeli. Iklan yang dapat memancing minat para generasi kini cenderung kreatif, mengandung minat untuk mereka.
Digital marketing harus dapat mengandalkan iklan yang menarik minat generasi kini dan menghasilkan iklan orisinal untuk menarik minat, terutama mengandalkan internet sebagai strategi pemasaran. Itulah mengapa para pebisnis sering bekerjasama dengan selebriti Twitter untuk mempromosikan merk, karena lebih mudah memengaruhi anak muda sekarang.
3. Ciptakan Reward Yang Menarik
Para masyarakat kini banyak mnencari kesempatan untuk mendapatkan reward menarik. Inilah sebabnya mengapa pemilik usaha biasanya menggunakan jejaring sosial untuk membagikan reward bagi pelanggan setia mereka.
Tentu saja, jika pembeli ingin mendapatkan reward, mereka harus mengikuti jejaring sosial yang dimiliki si pemilik bisnis. Agar mereka mendapatkan imbalan seperti voucher, informasi diskon khusus atau bahkan barang gratisan.
4. Arahkan Kelompok Sosial, BUKAN Usia
Dulu teknik pemasaran berfokus kepada target rentang usia tertentu, namun seiring perkembangan tren teknologi yang semakin beragam, Anad harus mulai berpikir. Anda perlu mengarahkan kelompok sosial tertentu untuk strateginya.
Misalkan ketika memasarkan suatu produk khusus untuk mereka yang menyukai traveling, mencintai hewan dan peduli pada isu sosial atau lingkungan dan sebagainya. Arahkan kelompok tersebut dapat memberikan fokus pemasaran lebih terpusat serta mudah dikembangkan.
Lupakan jika Anda adalah marketer baru atau lama dalam bisnis online, Anda harus melakukan strategi yang penting untuk menarik generasi kini melirik produk atau jasa Anda.
Jika ingin memasarkan produk pada masyarakat modern kini berarti Anda harus siap mengikuti perkembangan teknologi yang populer dan mampu beradaptasi dengan setiap inovasi teknologi populer terutama informasi.
Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan sendiri jika menggunakan strategi pemasaran seperti di atas, seperti :
– Cepat menjadi tren. Generasi modern kini adalah penyebar tren yang ideal. Jika produk atau bisnis Anda meraih minat cukup banyak, informasinya akan menyebar dengan mudah.
– Informasi menyebar dalam waktu singkat. Tidak seperti pemasaran tradisional, pemasaran lewat jejaring sosial merupakan versi lebih canggih dari mulut ke mulut. Hal ini membuat informasi produk menyebar dalam waktu singkat tidak hanya dalam hitungan menit.
– Menawarkan kesempatan inovasi promosi. Dengan semakin berkembangnya jumlah kelompok generasi kini, pebisnis dan pemasar dituntut untuk semakin kreatif. Hal ini menjadi pendorong untuk berkembangnya tren pemasaran kreatif.
Jadi, digital marketing merupakan salah satu bentuk pemasaran terbaik untuk merambah dunia digital dan mencapai para masyarakat modern. Anda sebagai pebisnis harus cerdas memanfaatkan perkembangan teknologi kini.

Post a Comment

0 Comments